10 Bisnis Online yang Setiap Karyawan Perlu Ketahui

Ilustrasi bisnis online

Peluang bisnis terbuka lebar untuk siapa saja, termasuk karyawan. Saat ini banyak karyawan yang tergiur membuka usaha sampingan untuk menambah penghasilan.

Salah satu usaha sampingan yang banyak diminati para karyawan adalah bisnis online.

Toko online, contohnya, menjadi salah satu ide bisnis online yang memberikan penghasilan tambahan kepada karyawan tanpa harus mengganggu rutinitas kerja di kantor.

Selain membuka toko online, masih banyak ide bisnis internet yang dapat Anda pilih menjadi usaha sampingan dengan modal kecil.

Berikut 10 bisnis online terpercaya dan teruji yang perlu Anda ketahui sehingga Anda dapat mengambil peluang bisnis yang tepat.

1. Desain web

Pernahkah Anda berkecimpung dalam dunia desain atau mengetahui kode-kode HTML atau Javascript untuk membangun sebuah website? Jika iya, ide jasa mendesain web sangat patut Anda coba.

Loading...

Bagi Anda yang memiliki ketertarikan yang besar dalam dunia web desain namun belum memiliki keterampilan yang mumpuni, Anda tidak perlu khawatir.

Banyak informasi, tutorial dan tips belajar desain web yang dapat Anda temukan di internet untuk mengasah skill Anda.

Setelah Anda merasa siap untuk memulai bisnis internet sebagai Web Designer, buatlah sebuah desain web versi Anda yang original sebagai contoh website yang akan dipamerkan kepada calon klien Anda.

Sebagai pemula, Anda perlu memasang tarif yang menggiurkan sehingga Anda mendapat lebih banyak proyek yang nantinya dapat Anda cantumkan dalam portofolio.

Semakin banyak proyek yang Anda kerjakan, semakin terasah keterampilan Anda dalam mendesain website.

2. Konsultan Media Sosial

Jika berbicara tentang media sosial, tentu tidak akan terlepas dari Instagram, Facebook, dan Twitter. Perkembangan media sosial sangat cepat dilihat dari jumlah penggunanya yang semakin hari semakin meningkat.

Bagi para produsen, media sosial dapat menjadi alat untuk mempromosikan produk mereka. Hal ini pun melahirkan pekerjaan yang disebut konsultan media sosial.

Jika Anda termasuk karyawan yang aktif di media sosial, bisnis online ini menjadi pilihan yang tepat untuk digeluti.

Selain itu,untuk menjadi seorang konsultan media sosial Anda perlu mengetahui:

  • segala fitur di dalam setiap media sosial
  • strategi untuk menyebarluaskan produk kepada audiens yang menjadi target pasar
  • cara menambah follower
  • teknik mendatangkan orang-orang untuk masuk ke sebuah website
  • mengontrol para pengguna media sosial

3. Pengembang Aplikasi

Ponsel pintar semakin digandrungi dilihat dari data yang disajikan oleh Statista tentang peningkatan jumlah pengguna ponsel pintar di seluruh dunia setiap tahunnya.

Fakta ini dapat menjadi sebuah peluang untuk menambah penghasilan.

Aplikasi di ponsel pintar saat ini sedang populer dan banyak diminati oleh para pengguna ponsel baik itu untuk hiburan, belajar, atau mengatur keuangan dan lain sebagainya.

Jika Anda memiliki ide untuk membuat sebuah aplikasi Android dan mengetahui kode-kode untuk menciptakannya, jenis bisni ini menjadi lahan yang bisa Anda garap.

Namun, jika Anda hanya punya ide dan tidak memiliki keterampilan coding, Anda dapat berkolaborasi dengan pengembang software untuk menciptakan sebuah aplikasi yang menurut Anda akan dicari banyak orang.

Anda dapat membeli aplikasi tersebut atau mengimplementasikan sistem bagi hasil dengan pengembang software yang merealisasikan ide Anda.

4. Konsultan SEO

Search Engine Optimation (SEO) adalah optimasi mesin pencari untuk memaksimalkan visibilitas sebuah website atau blog.

Teknik atau keterampilan ini menjadi hal yang sangat dibutuhkan bagi para produsen yang memasarkan jasa atau produk mereka secara online.

Mengetahui teknik-teknik jitu SEO seperti pemilihan kata kunci yang tepat dalam menulis dan coding, menganalisis data dengan benar, menerapkan backlink dan teknik-teknik SEO lainnya menjadi hal yang patut Anda kuasai sebelum memulai menghasilkan uang lewat internet sebagai konsultan SEO.

Buatlah sebuah website atau blog kemudian praktekkan teknik-teknik SEO untuk mencari klien.

Setelah mendapatkan klien, lakukan pekerjaan dengan baik dan hasil yang efektif untuk setiap klien. Mintalah referensi dari pelanggan yang puas dan dapatkan izin untuk mencantumkan testimonial mereka di website Anda.

Pastikan semua klien puas dengan pekerjaan dan hasil yang mereka peroleh setelah berkonsultasi dengan Anda.

5. Affiliate Marketing

Bisnis online lain yang karyawan perlu tahu adalah affilate marketing. Untuk menjadi seorang affilate marketing, Anda perlu menguasai cara-cara memasarkan produk orang lain.

Intinya, jika Anda memiliki keterampilan memasarkan atau menyebarluaskan sebuah produk sehingga meningkatkan penjualan, Anda dapat memilih ide bisnis  yang satu ini.

Ingat, produk atau jasa yang Anda pasarkan bukan produk Anda, namun produk atau jasa orang lain. Banyak toko online besar seperti Amazon atau Lazada menerima jasa affilate marketing.

Produk yang Anda pasarkan secara online dapat melalui blog Anda yang telah memiliki traffic tinggi atau melalui akun sosial media Anda yang telah memiliki ribuan follower serta teknik-teknik pemasaran online lainnya.

Komisi yang Anda peroleh pun beragam, sesuai kesepakatan.

6. Blogging

Jika Anda suka menulis, entah puisi, cerita, pengalaman hidup, hal-hal yang unik atau berbagi informasi tentang suatu hal, Anda perlu membuat sebuah blog untuk menyalurkan hobi Anda ini.

Tidak hanya untuk menyalurkan hobi, blogging ternyata dapat menjadi ide bisnis online untuk memperoleh tambahan penghasilan.

Seperti yang dipetakan oleh Problogger.net, ada banyak cara menghasilkan uang melalui blogging.

Blog yang Anda optimasi dengan kata kunci yang tepat dan telah memiliki traffic yang tinggi bisa Anda gunakan untuk promosi produk sendiri, memasarkan produk orang lain, memasang iklan yang dibayar per klik dan lain sebagainya.

Jika Anda telah mahir membuat blog-blog yang telah teroptimasi dengan baik, Anda dapat menjual blog tersebut dengan harga yang fantastis.

Untuk memulai negblog ini, Anda bisa membuat blog gratisan seperti Blogger atau WordPress.

Blog gratisan yang dioptimasi dengan baik pun tak kalah dengan blog berbayar yang memiliki hostingan atau nama domain pribadi.

Namun, memang diperlukan niat yang besar dan konsistensi yang tinggi untuk bisa sukses dalam bisnis blogging.

7. Kursus Online

Untuk mengajar orang tentang cara melakukan sesuatu secara online, Anda tidak perlu memiliki gelar pendidikan yang tinggi.

Apabila Anda menguasai cara mendesain web, cara membuat blog yang teroptimasi dengan baik, cara membuat sebuah aplikasi atau cara menghasilkan uang dari internet, Anda dapat membuka kursus online.

Kurus online tidak membutuhkan kantor atau tempat belajar di mana guru dan murid bertemu. Yang Anda perlukan adalah koneksi internet yang baik dan materi pengajaran serta cara mengajar yang mudah dimengerti.

Anda dapat membuat video atau tutorial yang dapat di-download oleh mereka yang sudah mendaftar sebagai murid di kursus online Anda.

8. Penulis Ebook

Karyawan yang gemar menulis, tidak hanya berpeluang membuat blog yang dapat menghasilkan uang, tetapi juga menulis sebuah buku elektronik yang biasa disebut e-book.

Dengan membuat e-book, Anda tidak perlu khawatir dengan besarnya biaya percetakan. E-book merupakan produk digital yang tidak memerlukan biaya percetakan karena yang ditransfer adalah data dalam bentuk soft file.

Tidak seperti buku secara offline yang mana penulisnya hanya mendapatkan royalti 10% dari harga buku, hasil e-book yang terjual sepenuhnya menjadi milik si penulis.

Selain keuntungan tersebut, tantangannya adalah Anda harus bisa memasarkan e-book Anda tersebut secara online. Semakin banyak pembeli, semakin banyak penghasilan yang Anda peroleh.

Jika Anda tertarik mempelajari cara menulis ebook atau buku nonfiksi yang berkualitas dan laku, silakan kunjungi TipsMenulisBuku.com.

9. Toko Online

Saat ini banyak sekali orang yang beralih ke toko online atau e-commerse. Selain karena tidak memerlukan bangunan fisik dalam bentuk toko, Anda dapat menghemat waktu karena tidak perlu menjaga toko.

Anda dapat bekerja di toko yang Anda bangun secara online, di mana saja dan kapan saja.

Untuk memulai bisnis toko online, Anda perlu membuat sebuah website atau blog yang nantinya akan menjadi tempat untuk memasarkan produk Anda.

Pilih nama toko yang mudah diingat dan sesuai dengan produk yang Anda jual. Selain itu, Anda perlu memiliki foto-foto produk yang akan Anda jual serta mencantumkan alamat offline Anda dengan jelas.

Langkah terakhir adalah mempromosikan toko online Anda. Anda dapat menggunakan media sosial sebagai tempat promosi gratis.

Selain itu, Anda juga dapat bekerja sama dengan orang lain untuk memepromosikan toko online Anda di blog mereka atau memasang iklan di Google Adsense.

10. Freelancer

Jika Anda memiliki sebuah keterampilan dan ingin penghasilan tambahan tanpa harus membuat sebuah blog, toko online atau memasarkan produk, Anda dapat menjadi seorang pekerja lepas (freelancer).

Sesuai dengan keahlian yang Anda miliki, Anda dapat bekerja di beberapa perusahaan sebagai seorang freelancer.

Seorang freelancer biasanya bekerja secara online di rumah atau tempat yang Anda inginkan. Yang Anda butuhkan hanya CV dan fortofolio serta skill di bidang yang sedang dicari oleh perusahaan.

Banyak situs lowongan kerja yang dapat Anda manfaatkan untuk mencari pekerjaan freelance seperti Freelancer.com dan Upwork.com.

Penutup

Dalam memilih bisnis online yang tepat, Anda harus lebih selektif dan mencari info sebanyak-banyaknya serta membuat rencana bisnis yang efektif.

Selain itu, Anda perlu menyesuaikan jam kerja sebagai karyawan dan pebisnis online. Jangan sampai Anda mengabaikan pekerjaan utama di kantor karena ingin mendapat penghasilan sampingan dari bisnis internet.

Loading...

Artikel Terkait: