6 Cara Menghasilkan Uang dari Instagram

Ilustrasi menghasilkan uang dari Instagram

Sebagai karyawan, Anda tentunya tahu Instagram. Media sosial ini sedang populer di Indonesia. Pada Juli 2016 saja, seperti diberitakan CNN Indonesia, pengguna aktif Instagram bulanan di Indonesia mencapai 22 juta.

Jika Anda menganggap Instagram hanya untuk memposting foto dan video kejadian sehari-hari, Anda keliru. Jejaring sosial yang diakuisisi Facebook senilai 1 miliar dolar AS pada 2012 lalu ini juga dapat digunakan untuk menghasilkan uang.

Jangan khawatir jika Anda tidak tahu caranya. Berikut 6 cara menghasilkan uang dari Instagram.

1. Menjual Produk

Menjual produk dapat dibilang merupakan cara paling umum mendapatkan uang dari Instagram. Produk yang dijual tersebut biasanya produk fisik mulai dari jilbab hingga batu akik.

Jika Anda tidak punya produk sendiri, tidak usah bersedih. Anda dapat menjual produk orang lain. Untuk itulah, coba amati barang-barang yang dijual toko-toko dekat rumah Anda, misalnya kerajinan atau makanan khas daerah.

Bisa juga Anda melihat-lihat produk di e-commerce Indonesia seperti Tokopedia. Jika ada produk yang sekiranya bagus untuk dijual di Instagram Anda, hubungi penjual produk tersebut untuk hal-hal teknis seperti diskon harga.

2. Menawarkan Jasa

Tidak semua orang suka menjual barang, namun ada juga yang suka menawarkan jasa. Nah, menawarkan jasa di Instagram juga bisa menjadi alternatif menghasilkan yang dari jejaring sosial tersebut.

Dalam pengamatan saya, jasa yang sering ditawarkan di Instagram antara lain:

  • Jasa pembuatan logo
  • Jasa penerjemahan
  • Jasa search engine optimization (SEO)

3. Endorse

Endorse adalah mempromosikan produk orang lain di akun Instagram Anda. Selain mendapatkan produk tersebut secara gratis, Anda juga dibayar untuk aktivitas tersebut. Lumayan sebagai usaha sampingan, bukan?

Misalnya, produsen kosmetik ternama memberi produknya secara gratis kepada Anda. Lantas, Anda diminta untuk mengambil gambar produk tersebut dan mempromosikannya di akun Instagram Anda.

Loading...

4. Menjual Foto

Jika Anda karyawan yang hobi fotografi, Anda dapat menjual foto-foto jepretan Anda di Instagram. Sebelum foto-foto tersebut diunggah di akun Instagram Anda, beri watermark terlebih dahulu untuk menghindari pencurian foto.

Nah, jika ada yang membeli satu atau lebih foto yang Anda pajang tersebut, kirim file asli foto tersebut (tanpa watermark) ke pembeli. Sederhana, bukan?

5. Mencari Sponsor

Sering melihat suatu kegiatan disponsori brand tertentu? Nah, hal yang sama dapat diterapkan juga di Instagram.

Jika Anda menggunakan cara ini, Anda perlu proaktif mencari brand. Misalnya saja, akun Anda tentang kuliner, maka brand-brand produsen makananlah yang Anda cari.

Setelah terjadi kesepakatan harga, periode waktu postingan, dan lain-lain, barulah Anda memposting gambar atau video terkait produk dari brand tersebut.

6. Menjual Akun Instagram

Mungkin saja Anda sudah lama menggunakan Instagram dan bosan. Daripada menutupnya, Anda bisa menghasilkan uang dengan cara menjual akun tersebut kepada yang berminat.

Sekadar informasi saja, menjual akun Instagram bukan hanya faktor kebosanan. Namun, dalam pengatamatan saya, aktivitas ini sudah menjadi ladang bisnis. Dalam artian, membuat banyak akun Instagram untuk dijual kemudian (lazim disebut beternak akun).

Berapa harga jual sebuah akun Instagram? Harganya dari mulai ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah, bergantung pada jumlah dan interaksi follower (pengikut).

Cara Mudah Meningkatkan Jumlah Follower

Besarnya uang yang Anda hasilkan dari Instagram dipengaruhi jumlah follower. Tak ayal lagi, Anda mesti meningkatkan jumlah follower akun Instagram Anda.

Anda bisa meningkatkannya dengan cara manual. Setiap hari Anda mengikuti puluhan (bahkan ratusan) akun Instagram orang lain dan berharap mereka mengikuti balik Anda. Seperti yang Anda duga, cara ini memerlukan waktu yang tidak sedikit dan membosankan.

Nah, bagaimana kalau ada cara mudah dan cepat meningkatkan jumlah follower Instagram? Tentunya, Anda akan terbantu dengan cara tersebut.

Salah satu tool atau perangkat yang akan membantu Anda dalam meningkatkan follower adalah Gramcaster.

Perangkat buatan anak bangsa ini akan mengotomasikan aktivitas Anda di Instgram mulai seperti auto follow, auto like, repost, dan auto unfollow. Menarik, bukan?

Tidak hanya itu, Gramcaster terbukti dan teruji mampu menambah sedikitnya 1.000 follower real dalam seminggu. Jika Anda tertarik menggunakannya, silakan lihat fitur-fitur lengkapnya di situs Gramcaster.

Sekadar informasi saja, saya pengguna Gramcaster dan hingga artikel ini dipublikasikan saya puas dengan kinerja perangkat tersebut. Jadi, saya pun optimistis Anda akan menyukai Gramcaster sehingga Anda bisa lebih cepat menghasilkan uang dari Instagram Anda.

Loading...

Artikel Terkait: