11 Cara Jitu Menghilangkan Kejenuhan dalam Bekerja

Ilustrasi menghilangkan kejenuhan dalam bekerja

Tak bisa dipungkiri, menjalankan pekerjaan yang sama setiap hari seringkali membuat pikiran jenuh. Apalagi jika tugas-tugasnya udah menumpuk, terikat deadline, hingga menyebabkan tak ada waktu bersantai. Duh, rasanya pasti stres!

Apabila Anda mengalami hal tersebut, percayalah bahwa semua orang yang bekerja juga merasakan itu. Ya, jenuh dalam bekerja adalah sesuatu yang wajar.

Meskipun demikian, Anda tidak perlu selalu mengeluh. Apalagi sampai memutuskan resign hanya karena jenuh dengan kerjaan.

Sebenarnya rasa jenuh itu bisa diatasi dengan mudah, kok! Jika Anda bingung bagaimana caranya, baca saja tips-tips menghilangkan kejenuhan dalam bekerja di bawah ini.

1. Luangkan Waktu untuk Rehat Sejenak

Kadangkala terlalu fokus bekerja membuat Anda lupa waktu. Tentunya hal itu tidaklah baik. Sebab, jika Anda memaksakan otak untuk terus bekerja bahkan di saat pikiran sudah jenuh, maka akibatnya produktivitas akan menurun.

Sebaiknya, ketika Anda mulai lelah, luangkan waktu untuk rehat sejenak. Tak perlu lama, minimal 30 menit saja. Pergilah ke luar, duduk di taman dan hirup udara segar.

Jangan lupa minum air putih dan makanlah sesuatu. Dengan begitu semangat Anda bisa tumbuh kembali.

2. Coba Cari Tahu Penyebab Kejenuhan

Munculnya kejenuhan saat bekerja tentunya ada sebabnya. Nah, Anda coba identifikasi penyebab dari rasa jenuh tersebut secara spesifik.

Apakah dikarenakan pekerjaan yang terlalu banyak? Tugas menumpuk? Deadline terlalu singkat? Rekan kerja yang tidak baik? Gaji yang tidak sesuai? Suasana di kantor yang buruk? Atau hal lain?

Dengan mengetahui penyebab dari kejenuhan itu, Anda bisa menemukan solusinya dengan mudah. Misalnya saja, Anda merasa pekerjaan terlalu berat, coba deh berkonsultasi dengan manager Anda. Ya, siapa tahu dia bisa membantu mengatasi permasalahan Anda.

3. Lakukan Sesuatu yang Menyenangkan Saat Bekerja

Cara menghilangkan kejenuhan dalam bekerja selanjutnya yakni dengan mencoba melakukan aktivitas yang menyenangkan.Misalnya saja, Anda bisa bekerja sambil mendengarkan musik atau sambil ngemil.

Jika pekerjaan Anda cukup santai, Anda bisa menyelingi dengan main game atau nonton film. Namun, bila aktivitas tersebut menganggu kosentrasi Anda, maka jangan dilakukan.

Hal ini bergantung pada kebiasaan Anda. Jika memang Anda menyukai bekerja sendirian dan fokus pada tugas saja, ya maka lakukan itu. Intinya, buatlah diri Anda senyaman mungkin.

4. Ciptakan Suasana Baru dengan Mendekorasi Tempat Kerja Anda

Tahukah Anda bahwa bekerja dengan suasana yang sama dalam kurun waktu lama bisa memicu kejenuhan, lho! Oleh karenanya, akan sangat menyenangkan bila sesekali Anda mendekorasi tempat kerja.

Semisal nih, Anda kerja sebagai pegawai di perusahan, maka coba deh dekorasi meja kerja Anda. Bersihkan dan tata barang-barangnya agar lebih rapi. Anda juga bisa meletakkan hiasan untuk mempercantik tampilan, seperti pot bunga, bingkai foto, atau benda lainnya.

Apabila tempat kerja Anda sudah jadi lebih menarik, dijamin deh mood Anda dalam bekerja pasti bakal meningkat.

Baca juga: 10 Cara Menata Ruang Kerja Kantor Anda Agar Nyaman

5. Cobalah Berpikir Positif

Selanjutnya, cara menghilangkan kejenuhan dalam bekerja yaitu dengan berpikiran positif. Coba hadapi pekerjaan tersebut secara santai. Jangan dijadikan beban.

Bagaimanapun juga, Anda harus bersyukur dengan posisi Anda saat ini. Sebab diluar sana masih banyak orang yang nganggur nyari kerja tapi gak dapet-dapet.

Coba pahami itu. Pahami bahwa Anda adalah orang yang beruntung. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa terlalu terbebani.

Loading...

6. Untuk Sementara Jangan Lembur, Manfaatkan Weekend untuk Bersantai

Liburan di akhir pekan

Mengambil lembur sesekali memang tidak masalah. Namun, ketika pikiran Anda sedang jenuh dan tubuh sudah benar-benar capek, maka hindarilah bekerja lembur. Jangan memaksakan diri.

Gunakan weekend Anda sebagai kesempatan untuk bersantai. Jika memang butuh liburan, maka lakukan perjalanan ke tempat wisata alam yang menyejukkan.

Tapi bila ingin di rumah, ya di rumah saja. Anda bisa nonton film bareng pasangan dan anak-anak. Terdengar cukup mengasyikkan, bukan?

7. Coba Saling Sharing dengan Kolega Anda

Ketika pikiran terasa penat dan jenuh dalam bekerja, coba deh sesekali ngobrol dengan kolega Anda di kantor. Anda bisa sharing dengan mereka tentang bagaimana cara mengatasi kejenuhan atau tentang masalah lainnya.

Kumpul dan bercanda bersama rekan-rekan kerja itu penting lho! Selain melatih jiwa bersosialisasi Anda, juga bikin pikiran rileks. Ini lebih baik daripada Anda hanya fokus di depan layar komputer saja.

8. Ingat Tujuan dan Rencana Masa Depan

Trik selanjutnya untuk menghilangkan kejenuhan dalam bekerja yakni dengan mengingat tujuan utama Anda. Yakni visi dan misi dalam bekerja.

Untuk apa Anda bekerja? Apakah untuk membeli rumah? Mengajak orang tua umroh? Nabung buat menikah? Atau lainnya?

Coba ingat-ingat kembali tujuan Anda tersebut. Dengan begitu Anda akan termotivasi kembali.

9. Jangan Dijadikan Beban, Nikmatilah

Jika Anda menjalani pekerjaan hanya karena kewajiban tanpa didasari keikhlasan di hati, maka efeknya Anda jadi merasa berat melakukan pekerjaan tersebut.

Seolah-olah pekerjaan itu adalah beban yang harus Anda tanggung. Tentunya perasaan tersebut enggak baik.

Jika Anda menganggap pekerjaan sebagai beban, bisa-bisa Anda mudah mengalami kejenuhan dan stres. Sebaliknya, bila Anda menjalani pekerjaan dengan santai maka rasa penat juga bisa diminimalisasi.

Segala masalah yang muncul di perkejaan Anda, seperti tugas yang menumpuk, sebaiknya Anda nikmati saja. Anggaplah sebuah bagian untuk mencapai kesuksesan. Sebab sukses itu enggak bisa didapatkan tanpa pengorbanan.

Baca juga: 10 Tips Agar Pekerjaan Anda Tidak Menjadi Beban

10. Jangan Abaikan Waktu Istirahat, Tidur Malam yang Cukup itu Penting!

Cara menghilangkan kejenuhan dalam bekerja selanjutnya dengan menjaga jam tidur malam. Usahakan Anda jangan terlalu sering begadang sekalipun untuk urusan kerja.

Sebab kebiasaan itu nggak sehat. Selain bikin pikiran semakin stres, begadang juga membuat tubuh terasa lemas. Oleh karenanya, jagalah waktu tidur Anda dengan baik.

Tidur malam antara 5-8 jam itu sudah cukup dan bisa membantu pikiran fresh kembali. Yang penting, jangan tidur terlalu larut ya! Minimal jam 10.00 atau 11.00 malam sudah siap-siap untuk tidur. Jangan sampai di atas jam 12.00 malam.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Insomnia (Susah Tidur Malam) Tanpa Obat

11. Jika Perlu, Anda bisa Cari Pekerjaan Lain Sesuai Passion

Jika memang Anda sudah tidak kuat lagi menanggung beban di pekerjaan Anda, maka tak ada salahnya mempertimbangkan untuk resign.

Hal ini bisa Anda lakukan bila pekerjaan tersebut terlalu berat bagi Anda. Mungkin karena gajinya enggak layak, lingkungannya tidak sehat, atau pekerjaan itu enggak sesuai passion Anda.

Turuti saja apa kata hati Anda. Mintalah pendapat dari keluarga juga. Jika memang niat Anda sudah bulat maka lakukan saja! Jangan ragu. Yakinlah bahwa Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Penutup

Kesimpulannya, cara menghilangkan kejenuhan dalam bekerja yang paling utama yakni dengan beristirahat. Jangan paksakan pikiran Anda yang sudah jenuh. Tindakan itu tidak ada gunanya. Namun, justru merugikan!

Jadi mulai sekarang, manajemen waktu kerja Anda secara baik. Ingat kesehatan tubuh dan cintailah pekerjaanmu. Semoga sukses!

Loading...

Artikel Terkait: