12 Pertanyaan untuk Mewawancarai Calon Manajer Penjualan

Ilustrasi mewawancarai calon manajer penjualan

Ketika seorang karyawan mendapat promosi jabatan, biasanya akan senang. Dia merasa bangga karena usaha dan kerja kerasnya dihargai perusahaan dengan kenaikan jabatan. Misalkan dari seorang supervisor menjadi manajer.

Namun berbeda dengan posisi manajer penjualan. Posisi ini relatif tidak terlalu diminati. Karena ada perbedaan signifikan dari tugas utama sebelumnya. Dari seorang tim sales yang memberi kontribusi langsung menjadi manajer yang lebih banyak bertugas mengatur tim.

Gaji pokok mungkin akan lebih tinggi, tapi pendapatan lain dari komisi hasil penjualan pasti melorot. Karena seorang manajer penjualan tak lagi langsung bertemu konsumen untuk mendapatkan sales.

Karena itu mendapatkan kandidat yang pas, harus ada trik khusus dalam mewawancarai calon manajer penjualan. Sehingga kandidat yang didapat nanti memang yang terbaik dan mampu meningkatkan penjualan lebih baik lagi.

Apa saja pertanyaannya? Berikut 12 pertanyaan yang bagus Anda tanyakan saat mewawancarai kandidat manajer penjualan.

1. Ceritakan tentang diri Anda

Ini memang merupakan pertanyaan umum yang diajukan kepada seorang calon karyawan. Dari mulai level karyawan biasa hingga level manajer. Namun jawaban yang muncul tetap bermanfaat untuk menilai para kandidat manajer penjualan.

Cermati berapa lama calon manajer ini menceritakan pengalaman kerjanya atau berkeluh kesah tentang masa lalunya. Semakin lama mereka bercerita semakin banyak hal yang bisa digali dan diketahui tim HRD.

Temukan alasan utama mereka melamar pekerjaan tersebut dari cerita yang didapat. Sehingga Anda akan tahu seberapa kuat keinginan kandidat menduduki jabatan tersebut.

2. Apa yang Anda sukai dan tidak sukai tentang proses penjualan?

Setiap karyawan yang bekerja di bidang penjualan pasti punya pengalaman menyenangkan maupun menyebalkan. Mereka punya pendapat tersendiri terhadap pengalaman yang didapat selama menjadi anggota dari tim sales.

Dari cerita yang didapat, tim HRD akan mendapat gambaran kalau kandidat bakal mampu mengemban peran manajer atau tidak. Karena manajer pasti akan dituntut lebih besar untuk menjaga bahkan meningkatkan nilai penjualan perusahaan.

Pastikan, kandidat akan nyaman mengemban tugas baru sebagai manajer jika dia terpilih nanti. Jangan lupa tanyakan juga strategi mereka saat sudah bekerja sebagai manajer penjualan.

3. Seberapa penting uang bagi Anda?

Ini juga menjadi pertanyaan penting saat mewawancarai calon manajer penjualan. Kenapa? Karena Anda bisa mengetahui orientiasi utama kandidat dalam bekerja. Apalagi, ada kemungkinan sang manajer penjualan akan mengalami penurunan pendapatan yang biasanya didapat dari komisi.

Uang memang penting, bahkan bagi semua orang. Namun, ketika seorang calon manajer penjualan menjadikan uang sebagai orientasi, maka dia tidak akan pernah cocok untuk posisi tersebut.

Mereka yang berorientasi uang lebih baik diarahkan sebagai staf penjualan utama. Atau sebagai karyawan yang bisa memberi kontribusi secara personal, bukan berada di level manajerial.

4. Menurut Anda apa yang dibutuhkan dalam hal keterampilan dan kualifikasi untuk menjadi tenaga penjualan yang sukses di organisasi ini?

Tugas utama dari seorang manajer penjualan adalah menjaga seluruh anggota tim berada dalam performa terbaik. Pertanyaan ini akan memberi informasi cukup penting dalam memilih seorang calon manajer penjualan.

Skill dan kualifikasi yang kandidat tunjukkan akan sangat penting untuk lebih mengetahui kepantasan mereka menduduki posisi manajer penjualan. Jika memang sesuai dengan standar perusahaan maka dia bisa direkrut. Jika tidak,  lebih baik mencari kandidat yang lain.

Baca juga:

5. Menurut Anda apa yang diperlukan untuk menjadi pemimpin yang baik?

Jabatan manajer penjualan tetap butuh skill kepemimpinan yang mumpuni.  Karena seorang manajer penjualan harus mampu memimpin dengan memberi contoh dan inspirasi bagi para seluruh staf penjualan.

Target dari pertanyaan ini ada dua. Pertama, Anda ingin mengetahui gaya manajerial kandidat dan sasaran yang dituju karyawan.

Kedua, Anda juga akan mengerti seberapa dalam mereka melakukan riset soal perusahaan Anda dan tim penjualan khususnya. Sehingga Anda pun bisa mengetahui kepantasan dirinya untuk menjadi manajer penjualan.

Loading...

6. Mengapa Anda ingin menjadi manajer penjualan?

Ilustrasi bertanya pada kandidat manajer

Ini termasuk pertanyaan mendasar tapi tetap harus ditanyakan. Karena Anda akan mengetahui target dan tujuan mereka untuk menduduki jabatan manajer penjualan.

Seorang kandidat yang bagus adalah yang punya gairah besar untuk membantu perusahaan tumbuh dengan maksimal.  Termasuk memiliki strategi jitu yang bisa mendorong departemen penjualan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Jika kandidat lebih mementingkan untuk mendapatkan uang lebih besar, maka dia berpotensi kecewa ketika sudah menjadi manajer penjualan. Karena posisi ini tidak bisa memberi insentif lebih besar dibanding saat masih menjadi staf penjualan.

7. Apakah Anda nyaman menganalisis data?

Sekilas, pertanyaan ini tidak relevan saat mewawancarai calon manajer penjualan. Namun, akan menjadi penting karena tugas seorang manajer akan lebih banyak melakukan analisis dan menentukan tindakan yang diambil dalam meningkatkan hasil.

Karena itu, seorang manajer penjualan harus mampu dan senang melakukan analisis data sebelum mengambil sebuah putusan. Jika mereka tidak senang mengolah dan menganalisi data yang cukup ruwet dengan angka, maka dia akan sulit meraih performa terbaik sebagai manajer penjualan.

8. Apa yang menjadikan Anda kandidat ideal untuk posisi manajer penjualan?

Seorang kandidat yang bagus akan senang menunjukkan skill mereka dalam hal kepemimpinan, strategi, dan cara mereka melakukan evaluasi plus tindakan yang diambil. Mereka akan senang menceritakan kisah sukses bersama timnya dan memotivasi yang lain untuk meningkatkan kemampuan mereka.

Ingat, hasil penjualan biasanya akan cukup ditentukan oleh kinerja sang manajer. Jadi jika menemukan kandidat yang tidak bisa bercerita soal kehebatannya di masa lalu, lebih baik dicoret saja.

9. Apa yang akan Anda katakan bahwa Anda paham teknologi?

Di era digital seperti sekarang, pemahaman akan perkembangan teknologi menjadi salah satu kunci sukses. Termasuk di bidang penjualan. Sejauh mana kandidat mengetahui perkembangan teknologi dalam mendukung penjualan menjadi poin penting yang harus dicermati tim HRD.

Seorang manajer penjualan yang kurang paham teknologi akan menghabiskan waktu untuk paham dari berbagai aplikasi atau perangkat lunak yang membantu kerja. Hal ini bisa berdampak buruk terhadap kinerja tim penjualan.

10. Atribut apa yang akan Anda cari ketika merekrut sales refrensentative baru?

Mewawancarai calon manajer penjualan memang tidak mudah. Apalagi ini akan menentukan kinerja tim penjualan kelak. Karena itu, melalui pertanyaan ini Anda akan tahu apakah kandidat memang punya kemampuan untuk mendongkrak kinerja tim penjualan atau tidak.

Setiap staf penjualan seharusnya memiliki 3 nilai utama dalam bekerja. Yaitu selalu ingin meraih hasil baik, kompetitif, dan optimistis. Jika kandidat menyebut salah satu atau semua nilai penting tersebut, maka dia tahu persis apa yang harus dilakukan dalam meningkatkan kinerja bawahannya.

11. Bagaimana Anda melatih tim penjualan?

Pertanyaan pada poin 10 akan berlanjut dengan cara atau upaya yang akan dilakukan dalam melatih tim penjualan. Dari cara-cara atau strategi yang mereka ceritakan akan cukup diketahui seberapa bagus kandidat untuk menjadi manajer penjualan.

Jika kandidat berupaya menghindari topik ini dan lebih memilih menambah jumlah staf penjualan, maka mereka bukanlah sosok yang Anda butuhkan. Karena kerja mereka pasti tidak akan efektif dalam mendongkrak kinerja tim penjualan kelak.

Baca juga: 10 Cara Sederhana Membangun Kerja Tim yang Solid dan Efektif

12. Apa yang akan Anda katakan kepada sales refrensentative berkinerja rendah dalam one-on-one meeting?

Tugas utama seorang manajer penjualan memang bisa meningkatkan kinerja seluruh bawahannya. Termasuk bisa mendongkrak seorang karyawan yang memiki kinerja rendah. Cara yang diambil untuk meningkatkan kinerja karyawan tersebut akan menentukan dia pantas dipilih atau tidak.

Padahal, berbicara dengan karyawan berkinerja rendah bukanlah hal yang mudah. Karena itu, seorang kandidat yang mampu menunjukkan keefektifan caranya mengatasi masalah ini cukup pantas direkrut sebagai manajer penjualan baru di perusahaan Anda.

Penutup

Mewawancarai calon manajer penjualan memang butuh kecermatan dan ketelitian. Karena kandidat yang terpilih harus bisa mendongkrak kinerja seluruh staf yang Ada. Salah memilih kandidat, maka hasilnya bisa buruk terhadap perusahaan.

Pilihlah mereka yang memang benar-benar punya motivasi tinggi untuk bekerja dan meraih hasil maksimal. Bukan mereka yang hanya melihat uang sebagai motivasi utama.

Loading...

Artikel Terkait: