9 Cara Cerdas Mengambil Hati Bos Wanita

Ilustrasi mengambil hati bos wanita

Dengan makin kuatnya emansipasi wanita, bukan hal yang aneh ketika Anda menemukan kalau pimpinan di tempat Anda bekerja merupakan seorang wanita. Tentu saja hal ini memberi Anda kesempatan sekaligus risiko berhadapan dengan wanita yang normalnya banyak menggunakan perasaan dibanding logika.

Sebagai seorang karyawan laki-laki, tentu saja sikap yang Anda tunjukkan kepada bos wanita akan berbeda dengan bos laki-laki. Anda tidak akan bisa menggunakan pendekatan yang sama terhadap bos wanita. Harus ada cara khusus yang membuat Anda bisa mengambil hati bos wanita di kantor.

Bagaimana caranya? Silakan simak saja tulisan ini sampai selesai ya.

1. Perlakukan sama dengan rekan kerja pria

Seorang bos wanita umumnya sudah punya kesadaran besar soal emansipasi. Dia akan merasa sejajar dengan kaum pria yang biasanya mendominasi jajaran pimpinan di sebuah tempat kerja.

Karena itu sikap Anda terhadap dia juga tidak boleh terlihat berbeda. Anda harus menyamakan perlakuan kepada bos wanita Anda dengan rekan kerja pria lainnya. Tentu saja tidak semua hal, karena Anda tidak mungkin ikut dia masuk ke WC wanita bukan?

Maksudnya, jika Anda percaya rekan kerja pria bisa melakukannya, maka Anda juga harus bisa percaya hal yang sama kepada bos wanita Anda. Jangan karena dia berbeda jenis kelamin, maka perlakuan profesionalitas Anda menjadi berbeda.

2. Telusuri gaya kepemimpinannya

Untuk bisa mengambil hati bos wanita, Anda harus tahu lebih dulu soal gaya kepemimpinannya. Ini menjadi penting karena menjadi landasan dari cara-cara lain yang akan Anda lakukan berikutnya.

Apa pun tindakan yang Anda lakukan harus menyesuaikan dengan gaya kepemimpinan sang bos. Apakah dia seorang bos yang doyan mendikte, atau seorang pimpinan yang egaliter? Pahami setiap gaya kemimpinan tersebut sehingga Anda tahu persis apa yang harus dilakukan.

Jika bos wanita Anda doyan memerintah, artinya Anda harus mematuhinya. Melawan perintah hanya akan berimbas buruk bagi karir Anda di kantor tersebut. Ikuti saja dan biarkan dia senang punya bawahan seperti Anda.

3. Rutin beri sanjungan dan pujian

Wanita pada dasarnya senang dipuji dan disanjung. Tak terkecuali seorang bos atau pimpinan perusahaan sekalipun. Memberi pujian kepada bos wanita Anda adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hatinya.

Tentu saja, pujian yang diberikan bersifat tulus dan jujur. Jangan sampai memuji karena ada perlunya saja alias menjadi penjilat. Bagaimanapun, sebagai seorang wanita dia akan tahu mana pujian yang tulus mana yang palsu.

Berilah pujian di saat tepat. Jangan memberi pujian saat moodnya tengah menurun. Pastikan juga pujian yang Anda berikan masih wajar. Memberi pujian berlebihan hanya akan membuat Anda tengah menggombali dia.

Baca juga:

4. Bisa jadi andalan

Siapa pun bos Anda, mau wanita ataupun pria, profesionalitas tetap harus yang utama. Jadilah bawahan yang selalu bisa diandalkan. Baik saat mengerjakan tugas rutin maupun tugas tambahan.

Ketika bos wanita Anda memberikan sejumlah tugas tambahan, jangan pernah menolaknya. Terima dan lakukan dengan sepenuh hati. Hingga hasil yang didapat bisa menyenangkan dirinya.

Loading...

Bisa jadi dengan memberi tugas tambahan, dia tengah menguji kemampuan Anda sesungguhnya. Untuk kemudian memberikan Anda posisi dan tugas yang lebih di tempat kerja. Jadi jalankan setiap penugasan dengan baik, tanpa memandang perintah itu datang dari seorang wanita.

5. Dukung setiap rencana bos wanita

Untuk bisa mengambil hati bos wanita, Anda harus selalu menjadi pendukung setianya. Karena sebagai pimpinan dia pasti punya rencana jangka pendek maupun jangka panjang. Dukung semua rencana tersebut dengan menjalankan tugas yang diberikan secara maksimal.

Bagaimanapun, tugas seorang karyawan adalah meringankan apa yang menjadi pekerjaan pimpinan. Dengan mengetahui apa saja yang akan dikerjakan oleh dirinya, maka Anda bisa tahu apa yang harus dilakukan. Saat dia tahu Anda banyak meringankan pekerjaannya, dipastikan dia akan senang.

6. Bikin bos kagum dengan pengetahuan Anda

Untuk lebih memperkuat kepercayaan bos wanita, Anda harus bisa membekali dengan pengetahuan yang tidak hanya standar. Tapi harus di atas rata-rata. Tunjukkan bahwa Anda punya banyak pengetahuan yang bisa mendukung kinerja kantor dalam meraih target.

Anda bisa mulai menunjukkan pengetahuan Anda ketika berada di tempat meeting. Bisa juga melakukan pembicaraan secara khusus dengan dia untuk menunjukkan ide-ide brilian Anda soal pekerjaan di kantor.

Seorang karyawan yang cerdas dan punya banyak ide menarik tentu lebih menarik di mata pimpinan. Termasuk di hadapan bos wanita Anda.

7. Jadilah orang yang sering berinisiatif

Kalau memang memungkinkan, ambil inisiatif terhadap sebuah proyek atau penugasan baru. Tentu saja hal ini akan lebih baik lagi jika tugas utama Anda memang sudah selesai dengan baik. Sehingga Anda tidak dianggap maruk alias serakah dengan tugas dan hanya ingin mencari perhatian bos Anda.

Pastikan pekerjaan tersebut Anda selesaikan dengan baik. Bahkan kalau bisa dilakukan tanpa banyak mendapat pengawasan dari bos. Ketika hasil yang diraih bagus, maka kepercayaan bos kepada Anda akan semakin besar.

Bukan mustahil ketika ada proyek baru bernilai lebih besar, Anda akan mendapat kepercayaan untuk menanganinya. Jadi, jangan ragu untuk mengambil inisiatif terhadap sebuah pekerjaan dan lakukan dengan baik.

Baca juga:

8. Loyal sepenuh hati

Loyalitas merupakan cara lain untuk bisa mengambil hati bos wanita. Seorang bos, terlebih bos wanita, tidak akan pernah menyukai bawahannya yang mencla-mencle dan tidak loyal. Karena mereka berpikir menjalankan perusahaan untuk jangka panjang.

Pada umumnya, bos wanita akan lebih menyukai karyawan yang loyal kepada dirinya dalam jangka panjang. Ketika dia tahu Anda tidak akan bertahan  lama dengan perusahaan, maka Anda tidak akan pernah mendapatkan kepercayaan dari bos wanita Anda.

Cobalah berpikir untuk bekerja dalam jangka panjang di kantor tersebut. Maka Anda pasti akan banyak mendapat kepercayaan lebih dari bos wanita Anda.

9. Beri hadiah dan kejutan

Tak ada wanita yang tidak suka diberi hadiah. Apalagi jika hadiah tersebut dibumbui dengan kejutan. Bos wanita Anda pun pasti menyukai hadiah dari bawahannya.

Namun tentu saja bukan hadiah biasa. Karena orang yang akan mendapat hadiah seorang bos, maka Anda harus menyesuaikan dengan hadiah yang akan diberikan. Jangan pernah memberi hadiah biasa-biasa saja.

Untuk bisa memberikan hadiah yang tepat, cari tahu dulu apa yang menjadi kesukaannya. Semakin mendekati apa yang disukainya, semakin bermanfaat bagi si bos, semakin senang hati dia.

Penutup

Untuk bisa mengambil hati bos wanita memang butuh trik dan cara yang cerdas. Terutama bagi Anda yang merupakan karyawan laki-laki. Tanpa cara yang tepat dan cerdas, sulit untuk mendapatkan hatinya.

Namun demikian, pastikan yang Anda lakukan selalu berdasarkan profesionalitas. Bukan karena mengincar posisi tertentu dan melakukan berbagai cara untuk mendapatkannya.

Loading...

Artikel Terkait: