5 Tips Mendekor Rumah dengan Dekorasi Murah agar Terlihat Cantik

Ilustrasi dekorasi rumah

Beberapa tahun belakangan ini, trend membeli rumah yang sudah jadi atau membeli rumah melalui developer rumah semakin meningkat. Selain karena dianggap lebih murah, membeli rumah yang sudah jadi dianggap cara terbaik untuk mendapatkan hunian tanpa perlu menunggu terlalu lama.

Tapi masalahnya, banyak di antara rumah-rumah tersebut yang dekorasinya kurang cocok dengan pribadi kita sebagai pemilik barunya. Apalagi jika selera yang kita miliki sangat jauh berbeda dengan pemilik lamanya.

Tak hanya itu, kadang kita pun merasa bosan dengan dekorasi rumah yang lama dan ingin mencoba sesuatu yang baru. Biasanya, tahun baru atau momen-momen seperti lebaran adalah momen yang sering dipilih untuk mendekor rumah.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mendekor rumah, tapi kebetulan minim budget, Anda bisa mencoba beberapa alternatif dekorasi rumah berbiaya murah berikut ini.

1. Partisi ruangan

Lahan yang semakin sempit menyebabkan banyak orang memilih untuk membangun sebuah rumah yang minim sekat. Sehingga, rumah yang tadinya kecil dan sempit bisa terlihat lebih luas.

Tapi tentu saja di samping berbagai kelebihan yang didapat dengan mengurangi sekat-sekat antar ruangan, terdapat juga beberapa kekurangan.

Salah satunya adalah tingkat privasi yang berkurang. Minimnya sekat di sebuah rumah menyebabkan tingkat privasi jadi begitu minim. Dari ruang tamu bahkan kita bisa langsung melihat aktivitas anggota keluarga yang ada di bagian dapur. Tentu saja hal tersebut bagi sebagian orang sangat mengganggu.

Untuk itu, alih-alih menyekat rumah dengan menggunakan dinding, akan lebih praktis dan lebih murah jika menggunakan partisi ruangan yang tidak hanya bisa difungsikan untuk membatasi jarak pandang, melainkan bisa juga dimanfaatkan untuk mempercantik kedua ruangan yang disekat.

2. Beli perabotan yang belum diwarnai atau di-furnished

Ada dua keuntungan utama membeli perabotan yang belum dicat atau belum di-furnished. Keuntungan pertama, kita bisa mengecatnya dengan warna favorite atau sesuai dengan warna ruangan yang akan digunakan untuk menempatkan perabotan tersebut. Keuntungan kedua, perabotan yang belum dicat biasanya berharga jauh lebih murah.

3. Membuat dekorasi sendiri

Membuat sendiri sebuah dekorasi rumah biasanya disebut dengan istilah diy (do it yourself). Saat ini, selain website atau blog, YouTube adalah alternatif tempat belajar membuat berbagai macam dekorasi yang murah meriah. Ya, ada banyak orang yang rela berbagi berbagai rahasia maupun trik membuat dekorasi keren berbiaya murah buatan sendiri.

4. Beli perabotan bekas

Ada banyak perabotan dan dekorasi bekas yang dijual di toko barang bekas maupun di toko online. Partisi ruangan yang bisa kita beli melalui toko online misalnya, selain produk dalam bentuk baru, sebenarnya kita juga bisa mencari beberapa di antaranya yang sudah pernah dipakai (barang second).

Toko online recommended tempat membeli barang bekas salah satunya adalah di Bukalapak. Selain menyediakan produk baru, bukan rahasia lagi apabila toko online Bukalapak juga menyediakan produk-produk second atau bekas.

Keuntungan utama membeli produk bekas tentu saja harganya yang murah dan terjangkau. Selain itu, produk bekas umumnya masih cukup awet untuk dipakai selama bertahun-tahun. Apalagi jika itu adalah sebuah partisi ruangan atau pembatas.

5. Manfaatkan barang-barang lama

Kadangkala, kita sengaja menyimpan berbagai perabotan lama yang tampak kusam dan tua di gudang. Padahal, banyak di antara perabotan tersebut yang masih layak pakai.

Jika punya waktu, daripada membeli yang baru, tidak ada salahnya untuk memperbaharui perabotan lama tersebut. Mulai dengan dibersihkan, lalu dicuci, dan dicat ulang serta di-furnished.

Demikianlah lima tips mendekorasi rumah dengan dekorasi murah yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait: