9 Cara Orang Sukses Menghabiskan Waktu Setelah Bekerja

Ilustrasi setelah bekerja

Setiap orang tentunya memiliki caraya masing-masing untuk menghabiskan waktu setelah bekerja seharian. Beberapa orang memilih untuk bersenang-senang dan membuat pikiran jernih kembali.

Namun tahukah Anda bahwa waktu yang Anda habiskan setelah bekerja dapat memiliki efek yang cukup signifikan terhadap karier yang Anda jalani?

Jika Anda ingin lebih sukses lagi dalam berkarier di kantor, ada baiknya untuk memikirkan baik-baik kegiatan setelah bekerja. Jika tidak punya ide, berikut 9 cara orang sukses menghabiskan waktu setelah bekerja yang bisa Anda tiru.

1. Berolahraga

Mungkin Anda juga sudah mendengar hal ini ratusan kali, atau bahkan sudah pernah melihat sendiri beberapa orang di kantor yang pergi ke gym selepas jam kerja selesai.

Mengapa tidak menirunya saja? Berolahraga secara konsisten dapat meningkatkan kreativitas, kepercayaan diri karena postur tubuh yang lebih baik, dan juga membuat aliran darah ke otak lebih lancar, sehingga keesokan harinya Anda pun siap menghadapi segala tantangan pekerjaan.

Awalnya berolahraga setelah jam kerja akan membuat tubuh Anda sakit karena jarang digerakkan. Namun ketika Anda sudah rutin berolahraga, tidak ada lagi rasa sakit, yang ada hanya tubuh yang semakin segar karena digerakkan untuk membakar lemak berlebih.

Selain berolahraga di gym, berenang juga dapat menjadi pilihan Anda jika tidak terlalu suka olahraga yang berkeringat. Jika ingin produktivitas di tempat kerja, mulailah berolahraga dari sekarang.

2. Menikmati Alam

Pernah mendengar istilah ‘kurang piknik’? Istilah ini cukup populer di tahun 2016 untuk menyebut orang-orang yang mudah marah karena sedikit tersinggung. Orang-orang ini biasanya terlalu banyak bekerja dan lupa untuk menyempatkan diri menikmati alam, sehingga dikatakan ‘kurang piknik’.

Ingatlah bahwa tubuh juga memerlukan udara segar yang bukan berasal dari pendingin ruangan untuk bisa berpikir lebih jernih. Jika Anda terus menerus berada di tengah kota yang penuh polusi dan suara bising, tidak mungkin otak dapat berpikir jernih tanpa diistirahatkan sejenak dengan udara segar seperti pada pegunungan.

Kebanyakan orang sukses tahu persis bahwa tubuh memerlukan sentuhan alam setelah jenuh bekerja dengan fokus. Maka open trip dan ajakan traveling menjadi salah satu pilihan mereka dalam menghabiskan waktu akhir pekan atau liburannya.

3. Ikut Kelas Tambahan dan Terus Belajar

Pepatah mengatakan bahwa ‘tuntutlah ilmu hingga ke negeri Cina’. Proses belajar tidak berakhir ketika Anda lulus dari bangku kuliah, namun berlanjut ke proses pembelajaran kehidupan hingga akhir hayat. Oleh karena itu, beberapa orang memilih untuk mengambil kelas tertentu untuk menambah keahliannya agar otak tetap terasah.

Bahkan seorang Emma Watson, aktris yang semenjak kecil sudah memainkan peran Hermione dalan film Harry Potter, masih berusaha keras belajar dengan mengejar gelar sarjananya di universitas ternama dunia. Poin pentingnya adalah, tiap orang sukses tahu bagaimana berinvestasi untuk dirinya sendiri.

Anda mungkin saja kehilangan seluruh uang yang Anda miliki, namun Anda tidak akan pernah kehilangan ilmu yang telah didapatkan. Jadi, mulai sekarang carilah hal yang membuat Anda tertarik dan mulailah mengambil kelas untuk mempelajarinya.

4. Mencari Inspirasi dan Pengalaman Baru

Hal lainnya yang dapat Anda lakukan untuk menghabiskan waktu setelah bekerja adalah mencari inspirasi serta pengalaman baru yang membuat hidup lebih hidup.

Mencari inspirasi dan pengalaman baru bisa didapatkan dari mana-mana. Namun jika memungkinkan, cobalah untuk mencari inspirasi di tempat yang benar-benar berbeda dengan tempat kerja Anda sehari-hari.

Jika Anda seorang koki, pergilah ke museum. Jika Anda seorang kurator museum, cobalah pergi ke taman bermain atau restoran.

Loading...

Cari inspirasi baru yang bisa hadir di tempat yang tidak biasa Anda kunjungi. Melakukan hal-hal yang baru juga terbukti dapat mengaktifkan bagian otak tertentu yang dapat meningkatkan kreativitas seseorang dalam menyelesaikan masalah.

5. Merawat Hubungan dengan Orang Lain

Hal yang terpenting di dunia ini sebetulnya bukanlah pekerjaan, melainkan orang-orang terdekat yang selalu ada untuk mendukung setiap kegiatan kita. Pekerjaan hilang masih dapat dicari lagi, namun kehilangan orang terdekat? Tentu jauh lebih sulit mencari penggantinya.

Oleh karena itu, banyak orang yang menghabiskan waktunya setelah bekerja untuk mendapatkan qualityt time bersama keluarga, pasangan, atau sahabat. Pertemuan secara langsung kini juga mulai jarang dilakukan karena kemajuan teknologi, padahal hubungan yang dalam dapat dihasilkan dari pertemuan langsung dan percakapan langsung.

Tentunya setiap orang menginginkan percakapan yang dalam, berarti, dan membuat hati hangat, dibandingkan hanya sekedar berbasa-basi. Mulailah merawat hubungan dengan orang terdekat Anda sebelum terlambat.

6. Melupakan Gadget Sejenak

Dengan puluhan email setiap minggu yang harus mendapatkan respon cepat, puluhan telepon yang harus diangkat, dan mungkin ratusan pesan singkat yang harus Anda baca, seseorang bisa menjadi kewalahan dan kemudian memiliki ketergantungan tinggi terhadap smartphone.

Saat berada pada waktu yang tidak mewajibkan Anda bekerja, ada baiknya untuk mematikan paket data atau WiFi pada smartphone, dan nikmati sejenak waktu berharga Anda untuk diri sendiri.

Bahkan seorang Oprah Winfrey, orang yang bisa dikategorikan masuk dalam daftar orang paling sibuk sedunia, setiap Minggu menyempatkan diri untuk mematikan gadget dan membaca sebuah buku. Ia bilang, hari Minggu adalah hari peningkatan spiritual dan menyegarkan diri dengan tidak melakukan apapun.

Teknologi memang hal yang memudahkan semua orang, namun orang sukses tahu bahwa sesekali mereka harus menjauh dari teknologi untuk lebih menikmati hidup.

7. Memiliki Rutinitas Sore

Rutinitas sore untuk menghabiskan waktu setelah bekerja ternyata tidak kalah pentingnya dengan rutinitas pagi saat seseorang berada di kantor.

Benjamin Franklin memiliki rutinitas untuk berintrospeksi setiap malam, bertanya pada dirinya sendiri hal baik apa yang telah dilakukannya hari ini. Produser film Ingmar Bergman memiliki rutinitas membaca setiap sebelum tidur, yang terbukti dapat mengurangi stress.

Rutinitas sore yang tepat akan membuat seseorang kembali keesokan paginya dengan energi penuh, lebih produktif, kreatif, dan lebih cerdas menyelesaikan masalah.

Mulailah dari sekarang menentukan rutinitas sore yang dapat membuat Anda bangun keesokan hari dengan perasaan segar dan energi terkumpul penuh.

8. Melepaskan Stres dengan Merawat Diri

Pekerjaan Anda seharian tentunya membuat badan dan pikiran lelah. Oleh karena itu, Anda harus mencari cara untuk peduli terhadap diri Anda sendiri setelahnya. Tidurlah dengan cukup, makan makanan bergizi, dan lakukan hal-hal yang membuat Anda dapat melepas stres tanpa melarikan diri.

Marianne Elliot, seorang pejuang kemanusiaan yang bertugas dalam perang di Afghanistan, berlatih yoga dan latihan pernapasan, sehingga ia kuat mendamaikan dirinya sendiri di tengah daerah yang kekerasan terjadi dimana-mana. Dengan melakukan yoga, ia mampu mengerjakan pekerjaannya dengan ketahanan terhadap stres yang tinggi.

Orang yang sukses tahu ketika badai pekerjaan mulai membuat stres, atau badan mulai tidak sehat, segalanya akan mempengaruhi kualitas kerja dan menjauhkannya dari kesuksesan.

9. Mengatakan Tidak untuk Banyak Hal

Orang yang sukses tahu bahwa mereka hanya memiliki waktu 24 jam dalam sehari, dan tidak mungkin mereka mengambil semua proyek yang tersedia, datang ke undangan setiap pesta liburan, dan kegiatan lainnya yang tentunya membutuhkan tenaga.

Jika Anda termasuk orang yang sukses, Anda akan mampu mengatakan tidak untuk hal-hal yang Anda rasa tidak terlalu penting dan berdampak besar untuk kehidupan.

Jadi, setiap kali ada ajakan atau permintaan dari teman, pikirkan terlebih dahulu apakah hal tersebut menjadi fokus utama Anda saat ini.

Demikianlah 9 cara menghabiskan waktu setelah bekerja bagi orang-orang sukses. Dibandingkan membuang waktu dan tenaga untuk hal yang tidak penting dan membuat Anda kelelahan keesokan harinya, tentunya 9 hal tersebut lebih bermanfaat untuk kesuksesan dalam bekerja. Selamat mencoba!

Loading...

Artikel Terkait: