10 Hal yang Dicari Perusahaan Bonafid Saat Merekrut Karyawan

Ilustrasi rekrutment karyawan

Bisa bekerja di sebuah perusahaan besar dan bonafid tentu membanggakan. Ketika ada yang bertanya di mana Anda bekerja, Anda akan dengan percaya diri menjelaskannya. Ada banyak nilai positif yang didapat ketika diterima bekerja di sebuah perusahan bonafid.

Namun, tentu tidak akan mudah untuk bisa bekerja di sebuah perusahaan bonafid. Akan ada banyak proses seleksi yang harus dijalani. Selain itu, pasti ada banyak orang lain yang punya minat yang sama dengan Anda. Artinya butuh perjuangan dan kerja keras untuk bisa lolos dari berbagai proses seleksi tersebut.

Nah, untuk memudahkan jalan, Anda harus tahu lebih dulu apa saja hal yang dicari perusahaan bonafid. Berikut ini ulasannya.

1. Potensi jangka panjang

Proses keluar masuk karyawan yang terlalu sering bukan sesuatu yang disukai perusahaan. Apalagi jika mereka sudah berinvestasi dengan melatih para karyawan baru. Karena itu, perusahaan pasti akan mencari calon karyawan yang memang punya potensi bekerja dengan mereka dalam waktu lama.

Pihak HRD akan melihat kandidat pernah bekerja di mana saja dan berapa lama di setiap perusahaan. Ini menjadi indikator yang kerap mereka gunakan untuk menilai kalau kandidat punya potensi bertahan lama atau malah akan jadi kutu loncat.

Sejumlah sertifikat tambahan selain ijazah akan menjadi petunjuk soal ketertarikan kandidat di bidang yang dibutuhkan perusahaan. Sehingga mereka bisa melihat bahwa kandidat memang punya potensi untuk bertahan dalam jangka panjang.

2. Kemampuan memberikan hasil

Hal yang dicari perusahaan bonafid lainnya adalah soal kemampuan kandidat dalam mendukung program atau rencana dari perusahaan. Mereka biasanya akan menanyakan soal pekerjaan Anda sebelumnya. Bahkan sering diminta secara detail.

Kalau Anda memang punya track records bagus dalam mendukung strategi bisnis yang dimiliki perusahaan sebelumnya, Anda berpotensi untuk diterima di perusahaan yang tengah dilamar tersebut. Karena ini akan membuat mereka percaya kalau Anda juga akan mampu mendukung kinerja perusahaan demi mencapai target yang sudah dicanangkan.

3. Antusiasme dan gairah (passion)

Poin ini sangat penting dimiliki jika ingin bekerja di sebuah perusahaan bonafid. Seperti diulas di poin pertama, perusahaan bonafid akan mencari calon karyawan yang bisa bekerja dalam jangka panjang. Nah, kandidat yang memiliki gairah yang besar tentang pekerjaannya punya potensi untuk bertahan lama.

Mereka yang punya rasa cinta dan gairah besar dengan bidang pekerjaan yang ditekuni yang akan dicari perusahaan bonafid. Mereka yang punya gairah besar dengan pekerjaannya tak akan terlalu memusingkan besaran gaji, meski tetap penting juga. Dengan kata lain, mereka hanya mencari kenikmatan saat bekerja.

4. Menggunakan keterampilannya untuk bertindak

Bukan hal yang aneh jika Anda akan diminta untuk melakukan sejumlah tugas atau tes kerja saat melamar ke perusahaan bonafid. Ini dilakukan untuk melihat lebih jauh soal skill atau kemampuan dari kandidat karyawan.  Perusahaan pasti akan mencari mereka yang punya motivasi tinggi dan aktif dalam menjalankan tugasnya.

Perusahaan akan mencari kandidat yang punya kemampuan memecahkan masalah dengan kemampuan yang mereka miliki. Setiap tindakan yang dilakukan selalu berdasarkan keterampilan atau kemampuan yang dimilikinya. Jika Anda memiliki kemampuan tersebut, Anda berpotensi untuk diterima bekerja di perusahaan yang Anda lamar.

5. Cocok dengan lingkungan kerja perusahaan

Seberapa besar kemampuan dan keterampilan yang Anda dimiliki, tapi ketika dinilai tidak cocok dengan lingkungan kerja perusahaan, maka potensi diterima akan berkurang. Karena salah satu hal yang dicari perusahaan bonafid adalah tingkat kecocokan calon karyawan dengan tempatnya bekerja.

Loading...

Ada dua hal yang dipertimbangkan oleh perusahaan ketika mencari calon karyawan. Pertama, kandidat harus cocok dengan posisi yang sesuai dengan kemampuan mereka. Kedua, cocok dengan nilai-nilai atau kultur di dalam perusahaan tersebut.

Karena karyawan yang merasa akan sukses di posisinya dan bisa menyatu dengan lingkungan pekerjaan akan berpeluang bertahan lama. Sehingga perusahaan bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki karyawan  tersebut.

6. Pekerja tim

Saat bekerja, pasti akan ada banyak situasi yang membuat setiap karyawan harus bekerja sama dalam menyelesaikan tugas mereka. Bahkan, ketika Anda mayoritas mengerjakan tugas secara individu, pasti akan ada saatnya untuk bekerja dengan pihak lain dari depatermen yang berbeda.

Perusahaan pasti akan selalu mencari kandidat yang memang bisa bekerja sebagai sebuah tim. Biasanya ada tes di mana setiap kandidat harus menyelesaikan tugas secara bersama. Sehingga nantinya bisa diketahui kandidat mana yang bisa bekerja dalam sebuah tim atau hanya mampu bekerja secara individual.

7. Ambisi kandidat

Setiap perusahaan bonafid pasti akan mencari calon karyawan yang bisa memotivasi diri sendiri untuk mencapai apa yang menjadi tugas mereka. Bahkan mampu melebihi dari apa yang menjadi target.

Karyawan yang punya ambisi cenderung akan bekerja keras dan memaksimalkan kemampuan terbaiknya untuk menyelesaikan tugasnya. Mereka bahkan sering mencari cara yang lebih efisien namun mampu memberi hasil yang paling baik.

Jadi, kandidat yang punya ambisi besar lebih berpeluang untuk diterima dibanding mereka yang kebingungan ketika ditanya soal ambisi dalam bekerja.  Pastikan diri Anda memang menyimpan ambisi besar pada bidang pekerjaan yang digeluti.

8. Memberi pengaruh positif pada orang lain

Seorang karyawan tak lagi hanya menjadi dirinya sendiri ketika sudah bergabung dalam sebuah perusahaan. Satu sama lain akan saling mempengaruhi. Baik dalam sisi positif maupun negatif.

Tentu saja hal yang dicari perusahaan bonafid adalah calon karyawan yang bisa memberi pengaruh positif kepada karyawan lainnya. Di antaranya mereka yang mampu memberi apresiasi kepada karyawan lain saat dia mendapat prestasi atau penghargaan dari perusahaan.

Ketika seorang karyawan mampu meraih prestasi dan mau membagi semangat yang sama kepada  karyawan lain, maka perusahaan akan mendapat dampak yang positif. Semua karyawan menjadi lebih bersemangat dalam bekerja dan bersaing sehat untuk mendapatkan hasil terbaik.

9. Ketanggapan

Kemampuan seorang kandidat dalam interaksi sosial juga menjadi satu hal yang kerap jadi pertimbangan perusahaan. Terutama perusahaan bonafid. Bagaimana respons karyawan dalam menghadapi tekanan pekerjaan dengan relasi sosialnya memang tak bisa disepelekan.

Mereka yang lebih mudah mengucapkan ‘terima kasih’ ketika mendapat bantuan dari sesama karyawan punya dampak yang besar dalam lingkungan sosial kantor. Sehingga kerukunan karyawan bisa tetap terjaga.

Ketika karyawan rukun dan punya rasa kekeluargaan yang besar, maka mereka akan bisa bekerja dengan maksimal. Hasilnya tentu saja akan dinikmati oleh perusahaan sebagai pihak yang mempekerjaan mereka.

10. Kesan pertama

Jangan pernah lupakan kesan pertama yang ditangkap para perekrut atau pewawancara kerja. Impresi positif yang didapat perusahaan ketika pertama kali bertemu Anda akan menjadi nilai yang terus melekat pada diri Anda.

Pastikan Anda mengenakan pakaian yang pantas dan datang tepat waktu. Kandidat yang terlambat datang di sesi wawancara akan langsung mendapat nilai minus dari pihak perusahaan.

Jadi, kalau Anda ingin bekerja di sebuah perusahaan bonafid, pantaskan diri Anda lebih dulu. Kalau memang sudah pantas, jalan untuk diterima pasti akan lebih mudah.

Penutup

Bisa jadi ada banyak hal yang dicari perusahaan bonafid yang belum terungkap dalam tulisan kali ini. Namun, setidaknya sudah bisa memberi gambaran bagi Anda yang ingin tampil percaya diri ketika ditanya di mana Anda bekerja.

Tapi ingat, apa yang sudah Anda raih nanti tetap harus dijaga dengan komitmem besar. Atau Anda hanya akan numpang lewat saja di perusahaan tersebut dan tak bisa lagi berbangga diri.

Loading...

Artikel Terkait: