9 Cara Jitu Agar Anda Lulus Tes Kesehatan (Medical Check Up)

Ilustrasi tips lulus tes kesehatan

Bagi para calon karyawan, tes kesehatan kerap menjadi momok yang menakutkan. Terutama bagi mereka yang memang jarang berolahraga atau punya bobot tubuh yang tidak ideal. Apalagi bagi mereka yang perokok berat.

Namun demikian, tes kesehatan atau medical check up ini bukanlah sesuatu yang akan memberi Anda kegagalan. Karena, medical check up hanya melihat kondisi tubuh pada hari itu.

Jika hari itu tubuh Anda bugar dan telah menyiapkan diri secara khusus maka peluang untuk lulus tes kesehatan sangatlah besar.

Jadi, kalau Anda memang sudah mendapat jadwal untuk melakukan tes kesehatan, lakukan persiapan dengan baik jauh-jauh hari sebelumnya. Cara-caranya bisa Anda baca di artikel ini. Yuk simak bareng-bareng.

1. Istirahat dan Tidur yang Cukup

Ini menjadi poin penting yang harus Anda lakukan sebelum melakoni medical check up. Jangan pernah begadang di malam hari menjelang tes medis. Karena akan membuat kondisi tubuh tidak fit keesokan harinya.

Apa pun alasannya, Anda dilarang keras begadang terutama menjelang hari tes medis. Ketika Anda kurang istirahat dan tidur tak hanya tekanan darah yang tidak normal, kondisi fisik lainnya pun pasti berada di bawah normal.

Ada baiknya, Anda sudah merutinkan tidur lebih cepat dan bangun lebih awal beberapa hari sebelum melakukan medical check up. Sehingga kondisi tubuh Anda akan siap untuk menjalaninya nanti. Anda pun akan mendapat hasil positif dari tes medis tersebut.

2. Rutin Minum Air Putih

Normalnya, seseorang butuh asupan air minum sebanyak 8 gelas atau kurang lebih 2 liter dalam sehari. Rutin meminum air putih akan melancarkan metabolisme tubuh dan membuat kebugaran  selalu terjaga.

Jika Anda belum rutin minum air putih, maka setidaknya Anda harus memaksakan diri untuk rajin melakukannya dalam satu pekan sebelum tes medis. Tak perlu langsung 8 gelas perhari, lakukan secara bertahap hingga akhirnya bisa mencapai tahap maksimal.

Minum air putih secara rutin bisa membuat Anda lulus tes kesehatan. Karena air putih yang diminum secara rutin bakal membantu tubuh membuang kotoran dan racun yang ada. Sehingga kondisi tubuh akan terlihat sehat saat menjalani pemeriksaan.

Baca juga: 9 Bahaya Duduk Terlalu Lama di Tempat Kerja

3. Jangan Minum Obat-obatan

Hal ini tak kalah penting. Hindari obat-obatan sebelum melakukan medical check up. Setidaknya dalam kurun waktu 3 hari sebelum jadwal tes medis.

Bagaimanapun, zat atau bahan pembuat obat-obatan tersebut akan tersimpan dalam darah selama berhari-hari sejak diminum. Jika hal ini masih dilakukan, maka hasil tes darah Anda tidak akan maksimal.

Ditakutkan, ada sisa obat yang justru akan membuat hasil tes darah berbeda dengan kondisi yang sebenarnya.

Jika memang Anda tengah menjalani perawatan yang membuat Anda harus tetap minum obat, sebaiknya minta jadwal tes medis diubah. Sehingga tubuh Anda sudah berada dalam kondisi fit saat melakoni tes medis.

4. Hentikan Merokok

Tips ini memang sangat berat dilakukan oleh para perokok berat. Namun, mau tidak mau, Anda memang harus berhenti merokok. Setidaknya untuk sementara waktu sampai proses tes medis selesai dilakukan sepenuhnya.

Kandungan nikotin yang menempel di paru-paru ini akan  mudah terlihat dan terbaca saat dilakukan rontgen. Jelas, kondisi ini tidak bagus bagi Anda karena akan mengurangi penilaian di mata HRD.

Karena itu, pastikan Anda sudah menghentikan, minimal mengurangi dalam jumlah banyak, beberapa hari sebelum tes medis. Agar kondisi  paru-paru saat diperiksa tidak terlalu dipenuhi oleh tanda hitam nikotin yang menempel.

5. Minum Air Kelapa Muda

Minum air kelapa muda

Loading...

Kalau Anda tidak bisa berhenti untuk merokok untuk sementara, ada cara lain yang bisa membantu mendapatkan paru-paru yang lebih bersih.

Cara ini adalah dengan rutin meminum air kelapa muda. Kandungan yang ada di dalam air kelapa muda disebut mampu membersihkan paru-paru.

Meski demikian, bukan berarti Anda bisa bebas merokok berbatang-batang menjelang tes medis. Tetap pilihan yang lebih baik adalah menghentikan, minimal sekali mengurangi jumlahnya.

Ditambah dengan rutin minum air kelapa muda, maka Anda akan berpeluang mendapatka kondisi paru-paru yang lebih baik saat tes medis.

6. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah-buahan

Sayur dan buah-buahan adalah jenis sumber makanan yang sangat dianjurkan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar.

Jika Anda selama ini masih kurang mengkonsumsi sayur dan buah-buhanan, maka dengan rutin mengkonsumsi keduanya akan membantu untuk lulus tes kesehatan.

Kandungan serat yang tinggi di buah-buahan dan sayur akan sangat membantu metabolisme tubuh. Sehingga semua kotoran dan kandungan yang tidak dibutuhkan akan selalu dibuang.

Lakukan kebiasaan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan ini setidaknya satu minggu sebelum menjalankan tes medis. Syukur-syukur kalau setelah tes medis Anda tetap rutin mengkonsumsinya. Sehingga tubuh Anda pun tetap selalu terjaga kebugarannya.

7.  Hindari Makan Gorengan atau yang Mengandung Kolesterol

Gorengan menjadi jenis makanan yang punya karakter dan sifat yang berbanding terbalik dengan sayuran dan buah-buahan. Makan gorengan selain meningkatkan kadar kolesterol juga bisa memicu gula darah.

Karena itu sebaiknya Anda menghindari mengkonsumsi gorengan sebelum menjalani medical check up. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi, Anda akan menyesal bukan?

Tak hanya gorengan, semua bahan makanan yang diketahui mengandung kolesterol tinggi juga sebaiknya dihindari. Seperti telur puyuh dan daging bebek.

Setidaknya sampai proses tes medis selesai dilakukan, setelah itu Anda tetap boleh kok menyantapnya kembali.

8. Minum Jus Temulawak

Jus Temulawak dipercaya mampu menurunkan kadar SGPT dan SGOT di dalam darah. Kalau memang Anda merasa atau mengetahui kadar SGPT dan SGOT cukup tinggi, ada baiknya rajin minum jus Temulawak ini agar bisa lulus tes kesehatan.

Rutinkan minum jus Temulawak ini minimal sehari sekali. Namun, menjelang hari-H, sebaiknya minum secara rutin dua kali sehari.

Diminum pagi hari dan menjelang tidur. Sehingga kandungan yang ada di dalam darah Anda lebih banyak hal-hal yang positif dibanding negatif.

Baca juga:

9. Olahraga Ringan Seminggu Sebelumnya

Menjaga kebugaran dengan berolahraga ringan menjelang tes medis juga menjadi cara yang bisa Anda lakukan. Dengan berolahraga, selain metabolisme yang terjaga, aliran darah pun akan lebih lancar.

Dengan demikian, Anda dipastikan akan berada dalam kondisi fit ketika melakukan tes medis.

Olahraga ringan yang bisa Anda lakukan adalah joging atau berjalan cepat. Lakukan setidaknya 30 menit setiap hari. Setidaknya 1-2 minggu sebelum Anda melakukan medical check up.

Dengan berolahraga, semua organ di dalam tubuh akan bekerja dengan aktif. Baik jantung, paru-paru, ginjal, maupun hati. Terutama untuk membuang berbagai zat negatif yang ada di dalam tubuh.

Penutup

Demikian cara-cara yang bisa Anda terapkan untuk lulus tes kesehatan. Pastikan Anda melakukannya dengan komitmen penuh. Jangan cuma rajin sehari saja, tapi hari-hari berikutnya Anda tidak melakukannya.

Dengan kedisiplinan dan komitmen yang tinggi, Anda pasti akan mendapat hasil yang maksimal saat melakukan tes medis setelah menjalankan cara-cara di atas. Selamat mencoba!

Loading...

Artikel Terkait: